Apa Saja yang Termasuk Barang Consumer Goods?

Setelah menulis panjang lebar soal Bisnis Modal Kecil yang Menguntung, selanjutnya waktunya kita ketahui apa saja yang termasuk barang Consumer Goods yang banyak dicari dan dibutuhkan banyak orang serta memiliki prospek berkembang yang pesat di masa akan datang. Sebab sekalipun termasuk produk ‘sejuta umat’ tapi ternyata akan berhenti digunakan orang beberapa bulan lagi tentu akan sangat merugikan, apalagi kalau usahanya harus tutup dengan menanggung biaya pengeluaran untuk alat dan sebagainya yang tidak sedikit.

Consumer Goods sebenarnya dari Bahasa Inggris, hanya saja kalau kita artikan dalam bahasa Indonesia artinya “Barang-Barang Komsumsi”, maksudnya adalah barang yang dibutuhkan secara rutin dan terus menerus oleh masayarakat. Sekarang coba bayangkan apa saja yang termasuk di dalamnya, sambil memikirkan pula kemungkinan sesuai dengan karakter atau hobi anda, sebab bisa jadi ia akan jadi pilihan bisnis modal kecil anda. Kalau belum ketemu, baiknya simak saja beberapa contohnya di bawah ini.

Jenis-Jenis Barang Comsumer Goods

Agar tidak bingung, penulis akan mengelompokkan dan sekaligus mencantumkan beberapa contoh umum yang termasuk barang komsumsi yang laris manis dan bisa memberikan keuntungan berlipat dari bisnis modal kecil anda.

1.  Produk Kebutuhan Badan

Coba jawab sederet pertanyaan ini, adakah orang yang tak butuh makan? Bisakah kita tidak makan  dalam sehari? Apakah kita akan berhenti makan dalam beberapa bulan ke depan? Tentu jawabnya ‘Tidak’. Nah, jika sudah demikian sudah bisa disimpulkan bahwa makanan dan minuman adalah jenis bisnis yang paling prospek dan bahkan pamornya tak akan pernah turun hingga kiamat nanti karena tak satu pun orang yang tidak butuh makan untuk bertahan hidup. Jika ini sudah anda ketahui, selanjutnya cari, bayangkan, pikirkan atau apalah....yang bisa membuat anda sampai pada keputusan akhir bahwa inilah usaha yang harus saya pilih.

Makanan dan minuman yang disebut hanyalah gambaran umum, tapi yang spesifiknya hanya anda yang bisa memutuskan karena semua berkaitan dengan tempat di mana anda ingin membuka bisnis, keadaan lingkungan dan mungkin juga dari hasil survey yang sudah dilakukan.
jenis consumer goods

Meraba-raba bisnis – Ya, saya akan menyebutkan beberapa dan silahkan anda pikirkan dan bayangkan soal prospeknya : keripik singkong untuk anak-anak, minuman teh harga murah, sneck aneka rasa, mie dan bakso dengan sistem franchise, beras kemasan, kue kering lebaran, kue basah yang disetor di semua toko klontong di kotamu, kue donat dengan marketing kanvas, permen, sayur untuk ibu-ibu yang dibeli malam hari dan habis terjual kurang dari jam 10 pagi, warung nasi padang atau warteg yang buka 24 jam, kue khas daerah, warung aneka nasi goreng, jus buah dengan sistem waralaba dengan berbagai pedagang, es kelapa muda, sosis bakar, gorengan, warung ayam dan ikan bakar, aneka sup, warung aneka buah, jamu, kerja sama dengan franchise laris seperti Kebab Turki, Bakso Kepala Sapi, dan lain sebagainya. Contoh ini hanya kami sebutkan saja, tinggal anda yang memutuskan, dan ini juga tak mesti harus dipilih karena kembali lagi pada apa yang anda senangi.

2.  Barang Kebutuhan Sehari-Hari

Ada banyak jenis untuk ini, yang terpenting adalah ia merupakan barang kebutuhan sehari-hari yang selalu dibutuhkan, apakah itu dalam rumah tangga, di tempat kerja dan lain sebagainya. Misalnya saja kita mulai dari dapur, seperti bikin usaha pembuatan panci dan wajan, bisnis aneka bumbu masak, dagang ember dan timba, jasa perbaikan mesin cuci ata kompor, laundry kiloan, baju murah : bisa beli lewat tanah abang yang katanya untungnya bisa hingga 50 persen per barang, seperti celana anak, jilbab, baju sekolah, busana muslim dan lainnya, sabun cair curah, atau beralih ke bidang umum untuk kebutuhan lain seperti mainan anak-anak, jualan popok bayi,bikin sandal dan sepatu bayi bisa praktek di tempat usaha orang dulu, bikin pensil untuk kebutuhan sekolah, buat buku bacaan untuk anak, bikin penerbit kecil-kecilan, atau mungkin anda mau memilih jadi produsen consumer goods dalam bentuk bisnis kecil, seperti produksi souvenir pernikahan mulai dari harga seribu, bros untuk jilbab, pensil unik untuk anak sekolah, poster dengan tokoh idola atau kartun, sablon baju kaos yang juga sudah banyak membuat orang kaya raya, dan masih banyak lagi.

Saran kami, usahakan pilih yang pasarannya luas dan menarik digeluti karena mungkin anda sudah familiar dengan bidangnya atau sudah pernah ikut pelatihan.

3.  Alat Kebutuhan Kerja dan Hidup

Ini masuk kategori ‘bussiness to bussiness’ atau sering disebut B-to-B yakni menyediakan barang untuk kebutuhan bisnis orang lain dan ini juga masih termasuk consumer goods tapi dalam skala yang besar, sekalipun demikian ini masih kalah dengan kalau anda jual ke konsumen langsung yang tentunya cashflownya labih lancar dan bisa membukukan keuntungan yang lebih besar.

Beberapa misalnya, buat usaha semacam peralatan kerja di kantor seperti selotip, staples, alat gantung kertas catatan, tempat penyimpanan alat tulis, atau bisa juga buka jasa servis AC, dan yang lagi hangat adalah buat usaha out sourcing yang mencari calon pekerja dan pengusaha yang butuh karyawan, untuk ini simple sekali dilakukan karena cukup buat CV dulu setelah itu rekrut marketing yang mencari perusahaan yang membutuhkan karyawan dan untuk pencari kerjanya cukup lewat iklan koran atau internet sudah cukup. Mungkin yang terakhir ini agak melenceng karena bukan termasuk barang comsumer goods /barang komsumsi, tapi bisa jadi itu jadi pilihan anda jadi saya masukkan juga.

Dan masih banyak lagi sebenarnya jenis barang comsumer goods atau komsumsi yang kalau dipikir-pikir bisa menghasilkan untung puluhan juta per harinya hanya dengan ide sederhana dan simple. Jadi, buat apa memikirkan usaha yang rumit bin ribet dengan modal yang besar kalau ada yang bisa kita jalankan dengan modal kecil seiprit dan bisa mendatangkan keuntungan yang lebih? Selanjutnya, silahkan anda cari, pertimbangkan dan langsung action sendiri.

0 komentar:

Post a Comment

Jika komentar anda ingin ditampilkan, berikan komentar yang sesuai dengan pembahasan artikel di atas, baik itu soal bisnis online, peluang usaha, maupun soal belajar cara investasi saham, dan jangan menyertakan link dalam kolom komentar! Semoga bisnis dan investasi anda sukses selalu!

Breaking News
Loading...
Kontak Langsung
Press Esc to close
Copyright © 2014 CEO Bisnis Bandung All Right Reserved