Cara Membuat Toko Online .COM untuk Pemasaran Luas

Bagi Anda yang sudah punya bisnis dan merasa pemasarannya sudah mentok di jumlah itu-itu saja maka saatnya berpikir bagaimana cara membuat toko online untuk usaha yang anda jalankan agar lebih mudah dikenal orang, atau dengan kata lain dapat menghasilkan pemasaran yang lebih luas, selain itu, memilih jalan promosi seperti ini bisa dibilang sangat murah dibanding harus beriklan di TV, Radio atau media cetak, dan bahkan lebih dari itu, karena dengan tips dan langkah-langkah yang penulis jelaskan di bawah bahkan kita bisa membuatnya dengan biaya gratis tanpa ada pengeluaran sama sekali, menarik bukan?

Penulis sendiri telah lama menjalani yang namanya bisnis online, itu pula sebabnya ilmu soal pembuatan toko online sudah menjadi santapan sehari-hari. Namun sebelum itu mari kita ketahui dulu apa sih itu toko online? Ya, ini adalah istilah yang digunakan untuk menamakan blog atau website yang pembuatannya diperuntukkan untuk menjual barang melalui internet yang mana hal lazim berupa menu yang kita temui di dalamnya adalah seperti beragam produk, cara pemesanan, kontak pemilik webnya, dan lain sebagainya.

Banyak yang berpikir kalau bikin toko online modalnya harus jutaan, tapi tahukan anda pengunjung setia CEOBisnis kalau ternyata dengan modal hanya 100ribu rupiah kita sudah bisa membuatnya dan dengan menggunakan domain (nama atau alamat web) .com atau ekstensi apa pun yang kita ingin gunakan, seperti .net, .biz, .co.id, web.id dan lain sebagainya. Berikut langkahnya :

Proses cara membuat toko online .com dengan blogspot


Sebelum menjelaskan lebih lanjut maka ada baiknya saya sampaikan bahwa jumlah pengeluaran yang seiprit yang disebut sebelumnya, yaitu 100ribu adalah kalau anda memilih untuk mengelolanya sendiri, sedang domainnya juga memesan sendiri ke pihak penyedianya, adapun kalau diserahkan ke orang lain bisa menghabiskan biaya paling minim 300ribu hingga 1 juta. Tapi bila memilih opsi pertama maka berikut ini proses yang harus anda lakukan :

1.  Buat akun Gmail

Kenapa kita harus punya email dengan syarat harus dengan Gmail dari Google? Ya, karena toko online yang akan kita buat nantinya menggunakan platform Blogspot atau Blogger yang kemudian diarahkan ke .com. Itulah sebabnya kita wajib memiliki Gmail, sebab untuk login ke akun Blogger tidak ada bedanya kalau mau membuka pesan yang masuk yang mana harus dengan menggunakan password dan alamat email. Alat ini juga nantinya akan memiliki fungsi yang sangat banyak selain yang kita sebutkan, seperti melakukan komunikasi dengan pelanggan yang akan melakukan pemesanan, membuat totorial video youtube, barangkali ada hal yang mau disampaikan dan kayaknya lebih mantap kalau dengan video karena lebih jelas, misal cara belanja dan sebagainya.

Mungkin anda pemula soal ini dan belum paham apa sih itu siMail dan bagaimana cara membuatnya. Nah, kami segera akan menulis artikelnya yang bisa dibaca di sini : Tutorial Daftar Email Gmail

2.  Daftarkan alamat blog baru dengan ekstensi Blogspot

Setelah punya email dan kamu sudah bisa login ke www.blogger.com maka selanjutnya buatlah satu blog dengan ekstensi 'contoh.blogspot.com'. Jika belum paham bagaimana prosesnya maka silahkan belajar dari artikel : Cara Membuat Blog Gratis'. Alamat tersebut dibuat sebagai nama sementara saja yang nantinya akan dirubah atau diarahkan ke domain .com yang sudah dibeli yang akan kita bahas di bawah.

Sebelum lanjut ke langkah berikutnya sedikit penulis terangkan alasan kenapa memilih platform blogspot sebagai CMS (Content Management System) untuk toko online anda nantinya. Ini karena ada banyak sekali kelebihan yang di dapat darinya, seperti space atau penyimpanan file, dalam hal ini ragam produk, jauh lebih besar dan bahkan tanpa batas, sangat berbeda kalau kita beli Hosting (penyimpanan file web) yang dibatasi kuotanya dan terkadang akan kena suspend kalau dikunjungi banyak orang dalam satu waktu, selain itu segala yang ada di dalamnya gratis, termasuk juga bandwidth (batas jumlah akses pengunjung toko onlinemu) yang full unlimited, dan yang lebih penting juga adalah kita bisa mendapatkan template (tampilan blog) dengan free dari berbagai penyedia, misalnya di btemplates.com, zoomtemplate.com dan lainnya. Pokoknya pake blogspot gak ada matinya sama sekali.

3.  Beli 'Domain' sendiri

Kalau Sudah punya blog dengan blogspot selanjutnya tinggal bagaimana merubah domainnya menjadi lebih keren dengan mengganti jadi .com atau ekstensi lainnya. Untuk langkah ini kamu bisa mengunjungi situs penyedianya. Sesuai pengalaman, web yang layanannya bagus untuk membeli domain ada 2, yaitu Rumahweb.com dan IDwebHost.com, silahkan kunjungi salah satunya dan pesan dengan terlebih dahulu cek apakah nama yang kamu ingin beli sudah dipakai orang atau belum, jika sudah cari alternatif lain yang menurutmu bisa mewakili tema dari barang yang akan kamu jual dalam toko onlinemu.

Sedikit tips soal bagaimana memilih domain yang baik. Berdasarkan ilmu soal SEO (Search Engine Optimization) bahwa domain yang baik itu ada beberapa kriterianya, yaitu : Namanya sesuai tema. Maksudnya di sini adalah domain yang kamu beli hampir mirip dengan jenis produk yang mau kamu jual, sebagai contoh, niat menjual HP maka alamatnya baiknya www.tokohp.com (kalau misalnya belum dibeli orang). Ini karena mesin pencari google akan lebih mudah mengindeksnya dan menempatakannya di halaman pertama sekalipun soal ini ada banyak faktor yang mempengaruhi.

Adapun cara membeli domain di Rumahweb.com cukup simple, cukup kamu cek dulu nama domain yang akan kamu pesan, setelah itu akan muncul halaman kecil melayang (pop up) yang kalau berwarna hijau berarti masih tersedia untuk dipesan, tapi bila tulisannya merah maka itu artinya sudah ada yang punya dan silahkan cari yang lain. Selanjutnya kamu akan diarahkan untuk memilih 2 opsi, yaitu beli domain dan hosting atau domain saja. Pilihlah pilihan kedua dengan cara dicentang dan selanjutnya tinggal ikuti langkah-langkahnya, termasuk cek emailmu juga karena disana akan dikirim soal tagihan dan cara membayarnya. Kalau ada yang tidak dimengerti langsung saja chat dengan adminnya secara online.

4.  Ubah .blogspot jadi .com

Sampai di sini kita sudah punya blog dengan ekstensi .blogspot.com dan juga domain .com yang sudah dibeli. Nah, selanjutnya tinggal bagaimana menyatukan keduanya, ya ile....kayak pasangan aja. Maksud saya di sini adalah bagaimana merubah dari blogspot yang telah dibuat jadi .com.

Kalau kamu tidak mau repot baiknya tidak usah dilakukan sendiri cara settingnya, serahkan saja ke ahlinya, yakni ke admin dari Rumahweb langsung dan kita tinggal terima hasil. Mulailah chating langsung dari websitenya dan disana kamu akan diarahkan apa saja yang harus dilakukan. Biasanya mereka akan meminta alamat email dan passwordnya serta password login ke akun domainmu (lihat di email yang masuk saat beli). Tidak usaha khawatir soal ini karena nanti kamu bisa rubah kembali passwordnya agar lebih aman.

5.  Modifikasi Template

Kan kalau pertama kali buat blog di blogspot untuk toko online tampilannya biasa dan tidak menarik? nah baiknya dirubah saja jadi layaknya website berbayar berharga mahal. Mulailah dengan mengunjungi situs penyedia template gratis, di antaranya zoomtemplate.com atau Btemplates.com

Template yang paling marak digunakan sekarang adalah yang jenisnya 'responsive' yaitu tampilan blog yang bisa menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan, misalnya di buka lewat tablet maka lebarnya akan menyesuaikan. Ini penting karena sekarang ini jamannya handphone pintar yang ukurannya beragam.

Kita umpamakan saja anda memilih Btemplates.com. Setelah terbuka webnya selanjutnya pilih saja bentuk apa yang kamu mau, tapi sekarang ada yang memang khusus untuk tampilan toko online, anda bisa memilihnya agar lebih sesuai dengan jenis blog yang dibuat. Jika sudah dilihat demo atau previewnya dan dirasa cocok tinggal download saja ke komputermu. Adapun cara mengganti template lama ke template baru yang telah didownload sebelumnya, sialahkan baca di tautan no.2 soal cara membuat blog di atas..

6.  Lengkapi Menunya

cara membuat toko online
Sering kali CEObisnis mengamati banyak toko online, bahkan ia notabene milik perusahaan, yang tampilannya sudah bagus dan punya brand, tapi kok banyak menu atau link di dalamnya yang tidak dilengkapi dan dibiarkan kosong saja tanpa tautan yang mengarah ke halaman yang seharusnya. Misalnya saja, bagian menu paling atas yang biasa di isi halaman Kontak, Disclaimer dan sebagainya, dibiarkan kosong begitu saja, padahal bagi kebanyakan pengunjung website jika ingin membeli sebuah produk cenderung mereka mengecek terlebih dahulu profil dari pemilik usahanya. Jadi, jika ini tidak diurus diawal maka bisa dipastikan akan membuat kepercayaan banyak orang jadi berkurang.

Adapun cara menatanya, jika seandainya menggunakan Blogspot yang dirubah jadi .com, maka cukup mudah melakukannya, anda hanya perlu tahu kata dari salah satu menu yang sudah ada, misalnya 'Profil'. Nah, tinggal masuk ke bagian pengaturan Template > Edit HTML. Setelah itu, klik sembarangan di bagian kode scriptnya lalu tekan Ctrl + F lalu ketik kata 'Profil' tadi dan tekan 'Enter. Nah, jika kata tersebut ada maka secara ototmatis ia akan ditandai biru atau hijau. Tinggal kamu ganti tanda pagar (#) yang ada di sampingnya dengan link yang kamu inginkan.

7.  Terapkan Teknik SEO

Kalau kamu baru belajar membuat toko online pasti tidak paham sama sekali apa itu SEO. Jadi ini adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization yang jika dibahasa Indonesiakan maka artinya "Optimasi Mesin Pencari". Maksudnya, kita melakukan berbagai usaha yang membuat website kita mudah terindeks oleh Google dan lainnya dan lebih baik lagi kalau ditempatkan di halaman pertama dan ranking #1. Tapi untuk mencapai posisi tersebut tidaklah semudah yang kita bayangkan karena ada jutaan blogger yang melakukan hal yang sama.

Kunci utama dari menerapkan teknik SEO adalah pada 3 elamen, yaitu Template, Artikel dan Backlink.

Itulah sekian langkah, tahap demi tahap, yang kami ulas secara lengkap yang harus dilakukan dalam cara membuat toko online yang aslinya dari blogspot kemudian dirubah jadi .com guna melakukan pemasaran yang lebih luas dan menghasilkan penjualan yang berlipat dari pada sebelumnya yang hanya mengandalkan pembeli lokal. Namun, sekali lagi, semua keberhasilan ditentukan dari usaha tiap pebisnis dalam mengelola websitenya. Jika ia mampu secara konsisten melakukan update produk dan melakukan optimasi guna mencapai peringkat halaman pertama di Google maka saat itulah jalan keberhasilan yang mungkin akan dicapai, tapi bila hanya membuat blog kemudian membiarkannya begitu saja tanpa maintenance maka bisa dipastikan akan cepat gulung tikar sebagaimana banyak blogger pemula yang mengalaminya. Jadi, sebenarnya tak ada bedanya antara usaha bisnis offline dan online, semua butuh kerja keras. Hanya saja yang kedua disebut hasilnya bisa selangit dan berlipat-lipat jika webnya mampu bertengger di peringkat #1 mesin pencari. Sekian!

2 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Pasar Modal. Pasar modal merupakan suatu hal yang dapat dipelajari setiap kalangan yang memiliki modal dan ingin menanamkan modalnya dengan benar. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai pasar modal yang dapat dilihat di Pasar Modal

    ReplyDelete

  2. Tulisan anda mengenai cara membuat toko online sangat menarik. Toko online merupakan salah satu wujud dari pasar modal yang merupakan suatu hal yang dapat dipelajari setiap kalangan yang memiliki modal dan ingin menanamkan modalnya dengan benar. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai pasar modal yang dapat dilihat di Pasar Modal

    ReplyDelete

Jika komentar anda ingin ditampilkan, berikan komentar yang sesuai dengan pembahasan artikel di atas, baik itu soal bisnis online, peluang usaha, maupun soal belajar cara investasi saham, dan jangan menyertakan link dalam kolom komentar! Semoga bisnis dan investasi anda sukses selalu!

Copyright © 2014 CEO Bisnis Bandung All Right Reserved