Penghasilan Menggiurkan Dari Google Adsense

Selamat pagi sahabat CEOBisnis.com semua, bagaimana kabarnya hari ini? Ya, sambil minum kopi saya mau memberikan penjelasan soal Google Adsense dan berbagai pengetahuan tentangnya, mulai bagaimana cara mendaftar, menerapkannya di blog, hingga peluang penghasilannya yang sangat menggiurkan yang bahkan penulis sendiri sudah 3 tahun belakangan ini menikmatinya. Dan jangan ditanya soal berapa jumlah nominalnya per bulan karena untuk ukuran pemula saja bisa hingga 3 kali lipat dari gaji UMR, apalagi yang sudah jadi blogger profesional yang penghasilannya bisa berkali-kali lipat hanya dengan mengelola beberapa blog saja.

Cara Kerja Iklan Google Adsense


Google Adsense sendiri adalah program periklanan yang sifatnya kerja sama atau afiliasi antara pemilik blog dan google sendiri yang berlaku sebagai perantara. Jadi, adapun sistem penerapannya dimulai dari pebisnis yang ingin mempromosikan usahanya secara luas lewat internet kemudian membuka akun pada layanan Google Adsense yang mana ia disyaratkan telah membuat email gmail sebelumnya dan membayar menggunakan kartu kredit yang masih berlaku. Setelah itu, sang pengiklan bisa menentukan sendiri berapa biaya iklan yang akan ia bayar setiap kali diklik oleh pengunjung blog, serta menentukan pula kata kunci apa yang ia inginkan yang mana apabila seseorang mencari informasi di google atau di blog maka websitenya akan muncul dengan keyword tersebut.

Setelah pemilik bisnis mendaftar dan melakukan setting terhadap iklannya, selanjutnya iklan tersebut secara otomatis akan muncul di berbagai halaman artikel blog sesuai dengan kata kunci yang telah ditentukan sebelumnya. Adapun pemilik blog juga harus terlebih dahulu mendaftar sebagai publisher (pihak yang mempromosikan iklan pebisnis di blognya) dan ini pun bukan perkara mudah karena ada banyak sekali syaratnya dan tidak semua orang yang memiliki blog dapat diterima karena alasan kualitas dan syarat yang terkadang tidak dipenuhi, dan kalaupun diterima aturannya juga sangat ketat sekali yang mana tidak boleh sama sekali melakukan klik sendiri pada iklan yang terpasang di blognya, disengaja maupun tidak. Selain itu, seorang blogger juga harus tahu semua jenis tema artikel yang dilarang diposting atau dipublikasikan di blognya karena jika tidak blognya akan dibanned (istilah untuk blog yang diputus atau dihentikan izin pemasangan kode iklan Adsense di blognya yang biasanya secara ototmatis, walaupun tetap dipasang bagi yang sudah dibanned, hanya akan terlihat tampilan putih polos di blognya).

Adapun iklan google adsense yang dipasang para blogger di blognya tidaklah secara manual dipasang dalam bentuk gambar atau kata-kata dari pemilik iklan melainkan hanya berupa kode script yang akan menyesuaikan atau berganti sendiri iklannya sesuai dengan keyword yang tertulis dalam artikel atau blog dimana kode iklan tersebut terpasang. Jadi, seorang blogger hanya memasang sekali saja kodenya, entah itu dibawah judul artikel, di bawah artikel persis, atau disidebar blognya, dan adapun iklan yang akan muncul di blognya bisa ribuan tergantung tema artikel yang ia tulis. Misalnya, anda punya blog yang temanya campur-campur, tarulah hari ini posting soal mesin, maka iklan yang mucul pun tidak akan jauh dari yang ada hubungannya dengan itu, dan bila besoknya ganti tema lagi maka iklan yang muncul pun akan berubah menyesuaikan dengan postingannya.


Syarat Menjadi Publisher Google Adsense


Untuk menjadi publisher dalam program GA yang digawangi oleh Google Inc. sendiri syaratnya tidak semudah yang kita bayangkan, dan bahkan terkadang semua yang seharusnya dilengkapi sudah tuntas, masih saja tetap ditolak. Untuk itu, kali ini saya mau memberikan beberapa tips soal apa yang harus kamu lengkapi dalam blogmu agar mudah diterima, yaitu :

1.  Sempurnakan navigasi blogmu 


Ini juga jadi bagian penting yang tidak boleh dilupakan yang terkadang banyak blogger terlalu terburu-buru mendaftarkan blognya padahal belum ditata dengan baik. Yang dimaksud navigasi di sini adalah menu dan link di dalamnya, terutama yang terdapat di bagian atas, seperti menu Kontak, Profil, Disclaimer, Privacy Policy dan lainnya yang sangat dibutuhkan oleh pengunjung blogmu. Penulis sendiri pernah mendapat pengalaman soal pendaftaran adsense ini, hanya karena info 'kontak' yang belum tersedia sehingga pengajuan saya harus ditolak. Dan kalau dipikir-pikir, memang sih kalau ada blog yang tidak ada laman tempat kita menghubunginya kayaknya seakan tidak terpercaya blognya.

Selain itu, usahakan cek semua bagian link yang ada di dalamnya, kalau bisa pakai tools untuk mencek link error di dalamnya, kamu bisa cari tutorialnya di berbagai web. Terkadang kalau menggunakan blogspot, ada saja link yang rusak, apakah itu karena kita pernah posting dan dihapus lagi tapi sudah terlanjur terindeks dan lain sebagainya.

2.  Cukupkan jumlah artikelnya.


Yang namanya blog, senjatanya adalah 'artikel' Beda dengan website yang bentuknya statis, orang terkadang berkunjung hanya untuk melihat pengelola dan kontak yang bisa dihubungi. Sedang dalam blog orang lebih cenderung mengunjunginya karena artikel yang ia lihat dari mesin pencari, sehingga kalau baru 10 hingga 20 artikel saja kayaknya hampir bisa dibilang masih hambar dan belum cukup untuk dijadikan partner bagi pebisnis untuk memasang iklannya di sana, termasuk untuk layanan Google Adsense yang bisa dibilang masuk kategori iklan premium untuk kalangan blogger.

Jadi, kalau mau daftar di layanan pemasangan iklan di Google Adsense maka pastikan artikelnya sudah cukup, CEObisnis.com menyarankan untuk paling tidak menyedikan minimal 100 artikel sebelum mengajukan pendaftaran, atau kalau tidak bisa minimal 50 artikel dulu lah, siapa tau sudah bisa diterima.

3.  Trafik yang paling penting


Kalau pun kamu sudah melengkapi semua, 2 yang disebutkan di atas, tapi trafiknya masih 100 pageview per hari, maka bisa dibilang hampir tak ada artinya karena apply kamu ke Adsense sudah pasti akan ditolak. Mengapa demikian? ya, karena yang namanya pemilik iklan semua maunya bisnis mereka cepat terkenal, dan kalau hanya dipasang diblog yang minim pengunjung yah...untuk apa kira2...? emang Sapi yang mau kunjungi? he he.!

Dari pengalaman teman dan penulis sendiri, pageview di atas 10ribu kunjungan laman (bukan visitor) per hari jauh lebih mudah diterima dalam program google adsense. Tapi kalau kamu sudah punya blog yang trafiknya kurang lebih 5ribu kunjungan laman per harinya mungkin juga sudah bisa dicoba karena terkadang jenis artikel dan niche blognya juga dipertimbangkan. Hanya saja yang masih minim visitornya, apalagi yang masih di bawah 1000 per hari, lebih baik dioptimasi dulu, karena ada baiknya juga dimana kita bisa leluasa optimasi dan cari link yang kita mau tanpa harus was-was akan kena banned.

Cara Daftar Jadi Publisher Google Adsense


Khusus bagian ini saya tidak terlalu tertarik menjelaskannya karena selain sangat mudah melakukannya juga banyak yang tidak mau melakukannya sendiri. Mudah karena yang harus dilakukan adalah cukup kunjungi situs reseminya saja, kalau belum tahu ketik saja di google dengan kata "Google Adsense" maka akan muncul di ranking #1 alamatnya, tinggal klik dan kamu pun sudah bisa langsung mengisi data yang dibutuhkan. Soal apa saja yang harus di isi saya kira cukup lihat saja penjelasannya sudah bisa paham. Dan dikatakan tidak ada yang mau melakukannya, ya karena kebanyakan lebih banyak yang memilih menggunakan jasa pembuat akun adsense, setelah mungkin berulang kali ditolak pengajuannya.

Jika anda adalah salah satu orang yang sulit diterima maka anda kami sarankan menggunakan bantuan pendaftaran Google Adsense dari admin CEObisnis.com. Ya, cukup dengan beberapa langkah saja anda sudah bisa langsung diterima dengan akun yang Full Approve yang bisa dipasang disemua blog, baik di blogspot, Youtube, dan juga situs hosting berbayar yang menggunakan domain .com, dan sama sekali bukan 'Hosted Account' yang hanya bisa untuk blogspot dan Youtube. Caranya, hubungi email kontak yang tertera pada menu di atas dengan mengirimkan juga data sesuai KTP beserta nomor HP yang bisa dihubungi.

Sekilas soal "Penghasilan Menggiurkan Dari Google Adsense "

 

dafta google adsense


Sebenarnya banyak sekali blogger Indonesia yang sudah menikmati penghasilan dari Google Adsense, hanya saja mereka cenderung lebih memilih diam. Lha...buat apa digembor-gemborkan... yang ada malah tambah pesaing saja" Kurang lebih ungkapan mereka seperti itu. Tapi kali ini saya ingin sedikit berceloteh soal hitung-hitungan peluang penghasilannya, gak apalah kalau untuk sekedar menambah semangat para pemula.

Jadi, kamu harus tahu kalau dalam iklan adsense itu harganya tidak sama untuk semua jenis bisnis, semua ditentukan oleh kata kuncinya, biasanya semakin banyak dicari di internet maka akan semakin mahal pula biaya iklannya, atau kalau bagi blogger meng-istilahkan dengan biaya per klik. Sebut saja, soal 'Mesin' dan sejenisnya biasanya harga iklannya dihargai hingga 10ribu per klik. wah lumayan juga yah.... cukup dapat 10 klik saja sudah bisa mengalahkan gaji karyawan. Ya memang sih, tapi itu semua tergantung banyak tidaknya iklan yang muncul soal itu. Adapun untuk yang bertema 'game' misalnya, biasanya hanya dihargai 0,02 hingga 0,03 dollar atau kurang lebih 200 hingga 300 rupiah per kliknya, tapi itu pun sudah lumayan banget kalau bisa dapat ribuan klik per hari.

Untuk blog dengan pengunjung di bawah 5000 pageview per hari mungkin masih sulit untuk melewati penghasilan 1 juta per bulan, apalagi artikelnya memilih tema yang kurang mendapatkan banyak pasokan iklan, seperti soal puisi, cerita lucu dan sebagainya. Tapi bagi yang sudah punya blog dengan kunjungan laman hingga 10ribu per hari, apalagi temanya beragam, sudah bisa berpenghasilan di atas 3 juta per bulan, dan ini penulis alami sendiri pada beberapa blog yang sedang dikelola saat ini. Jadi, semuanya terserah anda, mau punya blog yang biasa saja atau hanya ingin sekedar sharing saja tanpa tujuan bisnis sama sekali. That's depending on you man...!

1 komentar:

  1. terima kasih untuk informasinya, sangat membantu :)

    ReplyDelete

Jika komentar anda ingin ditampilkan, berikan komentar yang sesuai dengan pembahasan artikel di atas, baik itu soal bisnis online, peluang usaha, maupun soal belajar cara investasi saham, dan jangan menyertakan link dalam kolom komentar! Semoga bisnis dan investasi anda sukses selalu!

Copyright © 2014 CEO Bisnis Bandung All Right Reserved