Cara Membeli Saham Perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Kalimat Cara Membeli Saham Perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini adalah pertanyaan yang sangat sering ditanyakan oleh banyak orang, terutama pengusaha atau pebisnis yang baru mau terjun 'Bermain Saham' dan ingin memperoleh penghasilan dari investasinya tersebut yang katanya banyak orang bahwa inilah salah satu ceruk untuk melipatgandakan kekayaan yang paling cepat dan simple tanpa harus kerja, tapi tetap halal dan tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku.

Jika anda bertanya bagaimana caranya membeli berarti anda bertanya apa saja proses yang harus dilakukan ketika ingin membeli saham sebuah perusahaan. Sebelum menjawab ini sedikit CEObisnis ingin bercerita mengenai apa dan bagaimana perkembangan investasi bidang ini di Indonesia. Faktanya, ternyata orang yang terjun ke dunia saham di negeri ini masih kurang dari 1% dari total penduduknya. wah, sangat kurang sekali jika dibandingkan dengan banyak negara tetangga yang bahkan sudah ada yang melebihi hingga 5%. Padahal, dibanding dengan reksadana, deposito, investasi emas dan yang lainnya, ternyata saham lah yang paling baik dalam membantu melipatgandakan keuangan dalam waktu singkat dan mudah sebagaimana telah diperaktekkan oleh Warren Buffett yang sukses pernah menjadi orang terkaya di dunia, atau sebut saja pak Lo Keng Hong yang dari Indonesia yang juga berhasil meningkatkan jumlah kekayaannya hingga 6000% (enam ribu persen) dalam waktu kurang dari 10 tahun.

Langkah-Langkah Cara Membeli Saham Perusahaan


  1. Pertama kali yang wajib dilakukan oleh seorang calon investor saham adalah belajar mengenai apa itu saham dan segala yang berkaitan dengannya, mulai dari Pengertian Saham, Cara Analisa Teknikal dan Fundamental, Cara Cek Harganya dan lain sebagainya agar terhindar dari kerugian.
  2. Setelah itu, anda harus camkan bahwa keuntungan dari saham cukup tinggi, tapi harus juga diketahui bahwa resikonya pun sangat tinggi, sebanding dengan keuntungannya, tapi itu semua bisa dihindari jika kita tahu manajeman yang baik.
  3. Pilih perusahaan sekuritas yang baik untuk dijadikan sebagai tempat membuat akun transaksi saham anda yang mana akun online anda nantinya digunakan untuk melakukan aksi jual dan beli saham di Bursa efek Indonesia dengan bantuan dari perusahaan Sekuritas tersebut yang berlaku sebagai broker atau perantaranya.
  4. Sebagai contoh anda telah memilih perusahaan sekuritas-nya, anggaplah anda memilih Mandiri Sekuritas sebagaimana yang penulis lakukan. Nah, selanjutnya adalah tinggal kunjungi situsnya di www.most.co.id (tinggal pilih apakah akun yang akan dibuka bentuknya konvensional atau yang menggunakan sistem Syariah).
  5. Setelah masuk di situsnya dan memilih jenis investasi sahamnya, selanjutnya lakukan pendaftaran dengan mengisi formulir yang disediakan yang mana terlebih dahulu kamu harus mendownload semua berkas yang disediakan, kalau tidak salah kurang lebih ada sekitar 50 halaman jika anda telah mendownload semua persyaratannya.
  6. cara beli saham perusahaan
  7. Isi dengan benar semua formulir yang disediakan, terutama alamat email anda karena nantinya itu akan dijadikan sebagai alat komunikasi, terutama untuk mengirim password aktivasi akun online anda. Setelah itu kirim ke alamat yang telah disebutkan dalam panduannya yang mana bisa anda baca pada halaman FAQ (Frequently Asked Questions).
  8. Setelah anda mengirim, tinggal tunggu kurang lebih 1 - 2 minggu, maka selanjutnya pihak dari Sekuritas akan mengirimkan data login anda ke akun online www.most.co.id tersebut yang mana isinya terdiri dari Password dan Username yang terdiri dari angka.
  9. Jika sudah mengetahui password dan usernamnya tinggal kunjungi www.most.co.id untuk mulai login (perhatikan! Bila yang dipilih akun saham syariah maka anda harus pilih dulu tombol syariah baru login, kalau yang konvensional maka cukup langsung login saja.) - Ingat! Ini baru tahap untuk login dan mengganti password saja dan anda belum bisa melakukan transaksi hingga rekening akun anda berhasil dibuat.
  10. Jika sudah bisa login dan berhasil mengganti passwordnya maka selanjutnya tinggal bersabar dan tunggu pembuatan rekening akun anda yang akan memakan waktu kurang lebih 1 bulan lamanya, saya juga tidak tahu kenapa lama sekali. Tapi kalau cepat biasanya sekitar 2 minggu saja. 
  11. Setelah penantian anda terjawab yang mana telah mendapat nomor rekeningnya maka selanjutnya lakukan transfer ke rekening tersebut yang mana nantinya dananya akan digunakan untuk melakukan transaksi pembelian dan penarikan dana ke rekening pribadi yang sebenarnya yang juga telah didaftarkan saat isi formulir pertama kali.
  12. Jika sudah, bersiap-siaplah untuk mulai membeli saham perusahaan yang sudah anda incar dengan melakukan bid atau Buy dengan harga tertentu yang sudah anda anlisa. Caranya, login dulu baru pilih menu 'Trade', kemudian cek dulu harganya di menu Stock Search (lihat gambar di atas). Jika sudah tahu, barulah lakukan order di kolom bawahnya di sebelah kanan yang tertulis 'Summary' dan Order Form' , tinggal isi sesuai yang sudah anda cek. Mengenai detailnya sepertinya anda masih akan bingung, untuk itu CEObisnis membuka jasa panduang transaksi saham di Mandiri Sekuritas, silahkan isi form kontak yang kami sediakan untuk memberitahukan keinginan anda.

Semoga penjelasan panjang soal Cara Membeli Saham Perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini memberi manfaat buat anda semua. Selamat belajar, dan jangan lupa berikan komentar jika anda telah berhasil dan paham dari panduan yang dijelaskan di bawah.

8 komentar:

  1. berapa minimum modal yang bisa dipakai untuk memulai investasi saham. mohon informaasinya

    ReplyDelete
  2. Bagi anda yang membutuhkan penghasilan pasif..
    Silahkan rekomodasikan pada teman-teman anda di website kami http://titipdana.com ..
    Dapatkan 2% dari setiap invetasi teman anda, oppp jangan lupa daftar terlebih dahulu....

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. terima kasih atas infonya. kira-kira, minimum modalnya berapa ya?

    ReplyDelete
  6. setelah saya membeli saham.... apa yang terjadi setelah satu tahun? dan saham itu tidak saya jual lagi? apakah saya dapat untung dari saham yg telah saya beli dari perusahaan tertentu itu tadi?

    ReplyDelete
  7. Minimum saldo berapa yah

    ReplyDelete
  8. Saya ingin bertanya mengenai saham ini. Jadi untuk transaksi saham yang dijelaskan, apakah sama dengan saham preferen dan saham biasa yang diterbitkan perusahaan?

    ReplyDelete

Jika komentar anda ingin ditampilkan, berikan komentar yang sesuai dengan pembahasan artikel di atas, baik itu soal bisnis online, peluang usaha, maupun soal belajar cara investasi saham, dan jangan menyertakan link dalam kolom komentar! Semoga bisnis dan investasi anda sukses selalu!

Copyright © 2014 CEO Bisnis Bandung All Right Reserved