Harga Saham Perusahaan Indonesia

Pertanyaan soal Harga Saham Perusahaan Indonesia atau emiten yang listing Bursa Efek Jakarta bisa kami jawab dengan beberapa jawaban yang semuanya memberi solusi bagi anda yang mau mulai berinvestasi dalam jenis pasar modal paling menggiurkan ini. Kata pak Lo Keng Hong, salah satu pakar investasi saham terkenal di Indonesia, bahwa seandainya semua orang tahu bahwa kalau main saham itu menguntungkan maka tentu akan banyak orang yang berbondong-bondong menggunakan dananya untuk diinvestasikan di bidang ini." Mengapa tidak? bayangkan ketika beliau membeli di harga 200 rupiah kemudian beliau menjualnya dikisaran Rp.5000 maka ini bisa bisa dibilang beliau telah mendapatkan profit hingga berkali-kali lipat kan? Nah, ini lah yang akan menjadi ulasan kita malam ini.

Harga terendah

Asal anda tahu saja kalau harga saham terendah untuk pasar Indonesia saat ini tidaklah semahal yang anda bayangkan, dan tolong mulai saat ini jangan lagi pernah berpikir bahwa hanya konglomerat yang bisa ikut dalam lahan pasar modal ini, karena sekarang ini uang Rp.50 sudah bisa dipakai untuk beli sebiji saham. Lho kok murah bingit? ya iyalah...! Tapi tidak sesederhana itu karena dalam transaksinya ada batasan minimal pembelian yang dikenal dengan sebutan  'Lot' atau satuan pembelian saham. Saat ini OJK (Otoritas Jasa Keuangan) telah menetapkan bahwa jumlah lembar saham atau share dalam satu lot saham adalah 100 lembar. Sebagai contoh anda ingin membeli 10 lot saham yang harganya Rp.100 per lembar maka dana yang dikeluarkan adalah Rp.100 x 100 lembar x 10 lot = Rp.100.000 + biaya perantara untuk perusahaan sekuritas di mana anda membuka akun online.

Analisa Saham

Sebelum anda membandingkan beberapa harga saham yang akan kami share di bawah maka sangat disarankan mengetahui bagaimana cara menganalisa saham yang akan dibeli. Dan jika dilihat dari cara penilaiannya maka ada 2 istilah yang kita kenal, yaitu Analisa Fundamental dan Analisa Teknikal. Mengenai ini kami tidak jelaskan di halaman ini, silahkan kunjungi tautannya untuk info lebih jelasnya. Kedua metode inilah yang kemudian menggiring anda untuk memilih model investasi bagaimana yang akan dijalankan.

Fundamental berarti cara mengamati sebuah saham yang diperdagangkan di pasar modal melalui pengamatan terhadap laporan keuangan dan manajemen usaha dari perusahaan tersebut. Ada banyak poin yang harus diperhatikan dalam laporan tersebut, di antaranya adalah asset, modal, laba bersih dan lainnya. Kesemua bagian itu harus jelas apa dan bagaimana hasilnya setelah kita melakukann penghitungan dengan berbagai rasio, seperti ROA, ROE dan lainnya.

Adapun Teknikal sebenarnya lebih kepada grafik dari penjualan saham yang akan dibeli. Jika terlihat ada potensi growth atau pertumbuhan dengan beberapa cara membaca grafik yang telah dipelajari oleh seorang investor maka barulah diputuskan akan membeli atau tidak dengan jumlah lot tertentu yang pastinya mempertimbangkan dana yang mereke miliki. Namun, penulis sendiri menyarankan untuk menghindari cara ini karena ada banyak sekali kekurangannya dan jauh lebih mudah menimbulkan kerugian. Mengenai alsannya akan kami bahas di artikel selanjutnya.

List Harga Saham

Perlu anda pahami bahwa yang namanya harga saham tidaklah seperti harga HP yang hari ini dijual sekian besok atau mungkin hingga minggu depan masih akan sama harganya. Dalam dunia saham itu sulit terjadi karena umumnya cenderung fluktuatif, apalagi yang masuk dalam kategori LQ45 atau empat puluh lima saham yang liquid atau laris diperdagangkan setiap harinya.

Ada beberapa tools yang bisa kita gunakan untuk melihat harga saham yang uptodate dari website yang khusus menyediakan info seputar investasi, yaitu :

Yahoo Finance

Untuk yang satu ini adalah situs yang paling banyak digunakan untuk meninjau harga saham terbaru di pasaran dengan hanya mengetikkan kodenya saja. Kebetulan link yang saya berikan kali ini adalah untuk saham Telkom dengan kode TLKM. Nah, untuk penggunaannya maka cukup dengan lakukan beberapa tips di bawah ini :

Tampilkan grafik lengkap : Untuk cara ini maka setelah anda masuk pada tautan di atas maka selanjutnya tinggal klik angka yang ada di bawah gambar grafiknya yang masing-masing berbeda menampilkan masa perguliran harganya, yakni 1d untuk data transaksi seharian, 5d untuk 5 hari, dan seterusnya hingga yang bertuliskan Max, tapi saya pribadi jika anda ingin memilih long term atau investasi jangka panjang maka pilihlah yang 1y yakni untuk data harga saham dalam setahun.

harga saham indonesia
(Perhatikan gambar di atas, untuk melihat grafik harga lengkapnya maka klik saja sesuai tanda panah merah yang terlihat)

Mengganti dan melihat grafik saham lainnya : Sebenarnya setelah anda masuk dengan mengikuti langkah dari gambar di atas, ada dua cara untuk supaya kita bisa lihat harga saham lainnya, yakni dengan mengetikkan kodenya sesuai dengan petunjuk tanda panah pada gambar di bawah atau dengan jalan mengganti URL linknya yang tertera di browser. Untuk langkah kedua ini maka anda harus lihat 4 kode huruf yang tertera. Nah tinggal ganti lalu enter. Kalau belum tahu sebenarnya langkah ini sulit, tapi kalau sudah paham maka akan lebih cepat untuk melihat grafik selanjutnya karena kita akan langsung melihat tampilan yang mirip hanya kode sahamnya saja sudah lain. Perhatikan gambarnya :

grafik harga saham
(garis naik turun di atas adalah grafik harga saham yang ingin anda ketahui, dari gambar di atas terlihat naik terus. dan jika ingin melihat lebih jelas harga pastinya maka cukup paskan kursornya pada garis tersebut maka di sisi kiri akan terlihat berapa harga tertinggi dan terendahnya serta volume transaksinya.)

IDX.co.id

Ini adalah situs resmi dari BUMN yang tentunya juga valid dan terpercaya list harga sahamnya. Tinggal ketik kodenya lalu klik cari. Setelah itu akan tampil berapa harga terbaru dari satu saham yang akan anda ketahui serta data lainnya, seperti harga pembukaann dan penutupannya, frequensi transaksinya, volumenya, dan lainnya yang akan anda pahami sendiri begitu mengunjungi webnya.

 (ketik kodenya pada lingkaran merah pertama lalu tekan tombol cari untuk melihat detail data harga 'sahare' yang anda cari)

Hal yang paling menyenangkan bila kita paham cara bertransaksi dalam pasar saham adalah dimana kita bisa meraup untung hingga berkali-kali lipat dalam waktu singkat, penulis sendiri pernah merasakan hal ini dimana kurang dari 3 bulan saja bisa 'cuan' hingga 20%, sungguh jauh perbandingannya dengan sistem Deposito dimana kita hanya bisa dapat bunga kurang lebih 10% untuk jangka waktu setahun. Lalu kenapa harus cari lahan duit lain lagi jika yang satu ini saja kita bisa kaya dalam waktu singkat. Anda pasti tahukan kalau orang yang pernah menjadi salah seorang yang terkaya di dunia adalah orang yang memilih bermain saham, siapa lagi kalau bukan Warrent Buffet yang tersohor itu. So, would you like to follow his step? Oh..iya..kalau anda tertarik memperoleh penghasilan dari blog via iklan dari google maka baiknya pesan Jasa Adsense dari kami.

1 komentar:

  1. Sangat menarik. Saya Ingin sekali main saham. Maka itu saya mencari cari bagaimana caranya memulai. Saya ingin sekali menghasilkan uang mendapatkan profit yg tinggi tanpa mengganggu aktivitas kuliah saya.

    ReplyDelete

Jika komentar anda ingin ditampilkan, berikan komentar yang sesuai dengan pembahasan artikel di atas, baik itu soal bisnis online, peluang usaha, maupun soal belajar cara investasi saham, dan jangan menyertakan link dalam kolom komentar! Semoga bisnis dan investasi anda sukses selalu!

Copyright © 2014 CEO Bisnis Bandung All Right Reserved