Pengertian Saham Dalam Berbagai Aspek

Bicara soal pengertian saham maka ada banyak aspek yang dapat menjadi acuan kita sehingga defenisinya pun berbeda sesuai dengan aspek tersebut. Namun secara umum kita bisa memahami maknanya dengan sederhana berdasarkan sifat dan bentuknya. Tapi sebelum itu penulis dari CEObisnis ingin memberikan prolog mengenai apa dan bagaimana kondisi per-saham-an di Indonesia sebagai gambaran bagai para pembaca dalam memahami saham itu sendiri setelah sebelumnya telah mengerti apa dan bagaimana Cara Melakukan Analisa Fundamental dan Teknikal Saham.

Di Indonesia, orang yang menjadi investor dalam dunia saham masih sangat kurang dan bahkan disebutkan tidak sampai 1% dari total penduduk saat ini. Sungguh suatu keadaan yang sangat memprihatinkan karena di negara lain jumlah penduduk mereka yang melek soal saham sudah sangat tinggi. Ini tentunya jadi tanggung jawab pemerintah dalam melakukan sosialisasi agar rakyatnya bisa lebih mengerti soal jenis investasi ini yang mana sudah banyak yang membuktikan keunggulannya dalam meningkatkan jumlah kekayaan.

Pengertian Saham

Secara umum :
Menurut Wikipedia, saham adalah merupakan satuan nilai atau pun bentuk pembukuan dalam berbagai bentuk instrumen finansial yang mewakili bagian kepemilikan seorang investor pada sebuah perusahaan. Adapun bentuknya adalah berupa sertifikat yang menyertakan nilai investasi serta tanda tangan dari penanggungjawabnya.

Menurut penulis sendiri, saham merupakan surat berharga yang diterbitkan oleh sebuah perusahaan guna memperoleh pendanaan usaha jangka panjang dari investor yang mana bagi investor sendiri akan mendapat dua jenis keuntungan, yaitu berupa dividen (pembagian keuntungan dari saham yang ditanamkan oleh investor yang diberikan oleh perusahaan) dan capital gain (keuntungan bagi investor saham dalam bentuk nilai harga jual saham yang lebih tinggi dari nilai belinya sebelumnya).

Jadi, pemahaman sederhananya, jika seseorang membeli saham maka sama saja ia membeli atau mengambil sebagian dari kepemilikan perusahaan tersebut yang mana dalam kondisi tertentu mereka memiliki hak atau berhak bersuara dalam menentukan suatu keputusan dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham), misalnya jumlah dividen yang akan diberikan, soal stock split, dan lain sebagainya.

contoh saham

Jenis Saham

Ditinjau dari segi hak klaim pemegangnya :
Saham dalam bentuk ini terdapat dua jenis, yakni saham biasa dan saham preferen. Saham biasa memiliki karakteristik tersendiri, seperti :
  1. Memiliki hak dalam memilih dewan komisaris
  2. Jika seandainya emiten menerbitkan saham baru maka pemegang saham biasa akan lebih didahulukan.
  3. Tanggung jawabnya terbatas, misalnya saja perusahaan mengalami kebangkrutan maka ia hanya menanggung sesuai dengan besarnya nilai pada investasinya.
  4. Dapat mewakili klaim atas kepemilikan penghasilan dari perusahaan.

Adapun saham Preferen :
  1. Pemegang saham jenis ini akan mendapat prioritas lebih dibanding pemegang saham biasa dalam hal pembagian dividen.
  2. Berhak atas dividen akumulatif, artinya jika pada priode lalu belum diberikan maka akan diakumulasikan dengan pembagian dividen pada priode berjalan selanjutnya yang mana juga lebih diprioritaskan dari pemegang saham biasa.
  3. Sahamnya dapat ditukan menjadi saham biasa jika ada kesepakatan antara emiten dan pemegang sahamnya.

Berdasarkan cara peralihannya :
  1. Bearer Stocks - atau dikenal juga dengan nama saham Atas Unjuk, yaitu saham yang nama pemiliknya tidak dicantumkan agar mudah diperdagangkan, sehingga siapa pun yang memegangnya akan dinyatakan sebagai pemilik sahnya. Jika ditinjau dengan keadaan saat ini, ini bisa lebih mirip dengan perdagangan saham secara online yang mana kepemilikannya dapat dengan mudah berpindah hanya dengan bentuk nilai dan angka yang tertera pada website dari perusahaan Sekuritas tempat kita melakukan transaksi.
  2. Registered Stocks - Ini adalah lawan dari bentuk pertama di atas yang mana di sini dicantumkan siapa pemiliknya sehingga untuk memindahtangankan ke orang lain harus dengan proses tertentu yang telah diatur.
Jenis lainnya yang masih dalam pembahasan soal pengertian saham dari blog CEObisnis.com ini bisa anda baca pada halaman berikut ini : Saham Ditinjau dari Kinerja dan Kondisi Perdagangannya di Bursa Saham.

0 komentar:

Post a Comment

Jika komentar anda ingin ditampilkan, berikan komentar yang sesuai dengan pembahasan artikel di atas, baik itu soal bisnis online, peluang usaha, maupun soal belajar cara investasi saham, dan jangan menyertakan link dalam kolom komentar! Semoga bisnis dan investasi anda sukses selalu!

Copyright © 2014 CEO Bisnis Bandung All Right Reserved