Peluang Investasi Saham Jangka Panjang 2015 Yang Fundamentalnya Bagus dan Menjanjikan

Setelah mengamati beberapa saham yang memiliki prospek cerah di tahun ini, akhirnya CEObisnis sharing soal Investasi Saham Jangka Panjang 2015 Yang Fundamentalnya Bagus yang bisa anda jadikan referensi untuk pilihan portofolio saham anda sekarang ini. Beberapa yang ditampilkan di atas mungkin tidak terlihat Liquid atau volume transaksinya tidak terlalu banyak, tapi soal ini akan kami jelaskan alasannya nanti kenapa penulis tetap merekomendasikannya.

Saham berfundamental cerah di bawah ini pembahasannya bukan lagi soal layak tidaknya dijadikan sebagai lahan investasi, tapi di harga berapa layak kita beli, yang jelas acuan kita adalah PER (Price Earning Ratio), PBV (Price Book Value), dan Nilai Intrinsik. Tapi kalau mau tahu cara menganalisa saham secara teknikal dan fundamental silahkan saja baca artikel tersebut untuk menambah pengetahuan anda.

TSPC (Tempo Scan Pacific Tbk.)

Penulis sendiri sudah pernah menjadikan TSPC sebagai salah satu portofolio penulis hingga akhir 2014. Waktu itu beli di harga 2600 dan kurang dari 3 bulan saya jual di harga 3100, ya kurang lebih 20 persen untungnya. Nah, kenapa saham ini diirekomendasikan lagi? Ya, karena sekarang harganya turun lagi di harga 2500an. Memang kalau lihat PBV-nya sekarang ini di 3,26 dan PER-nya yang mencapai 18,23 terlihat valuasinya agak mahal, tapi kalau penulis sendiri punya prinsip bahwa saham yang valuasinya tidak terlalu murah, apalagi sektonya consumer, tapi kinerjanya tidak buruk-buruk amat, yaitu mampu mencatakan ROE (Return of Equity) hingga 17,89, mengapa tidak kita koleksi? Belum lagi kalau melihat pengalaman penulis sebelumnya yang bisa cuan dalam waktu singkat.

Sekalipun demikian, kita semua tidak bisa memastikan kalau setelah harganya turun akan naik lagi sebagaimana pengalaman sebelumnya, tapi ini semua kembali pada keputusan anda sebagai investor, karena saya sendiri hanya merekomendasikannya, dan kalau seandainya salah yang mana harganya ternyata tidak naik, ya itu resiko investasi saham yang harus anda tanggung sendiri. Tapi, so far, kalau kita mengamati grafiknya tampak terlihat menjanjikan, sekalipun demikian liat dulu apakah akan memperlihatkan growth lagi atau tidak.

MYOH (Samindo Resources) atau SIMP (Salim Ivomas Pratama Tbk.)

Sudah sejak 6 bulan lalu, mas TeguhHidayat, salah satu analis saham fundamental, merekomendasikan SIMP untuk beli di harga 700an. Secara, perusahaan ini digawangi oleh Astra yang mana kita tahu kinerjanya selalu kinclong dalam mengurus perusahaan, sebut saja AHAS dan lainnya. Sekalipun demikian, ROE nya yang masih di 4,55 masih butuh kerja keras dari manajemennya untuk terus meningkatkan labanya di laporan keuangan kuartal berikutnya. Tapi kalau anda seorang value investor yang mengacu pada PER nya sepertinya ini bisa jadi koleksi karena saat ini PERnya cuma 0,73.

MYOH juga masuk dalam rekomendasi Saham Jangaka Panjang 2015 Yang Fundamentalnya Bagus karena dari segi valuasi harganya bukan main murahnya, ya, PER nya cuma 1,11 sedangkan  ROEnya mencapai 30,43, lumayan tinggi sekali kan, padahal ROE di 20an saja sudah sangat bagus apalagi dengan 30an lebih.


Secara fakta, saham sektor Mining umumnya bisa memberikan keuntungan berlipat karena biasanya harganya bisa melonjak begitu cepat, bahkan dalam hitungan minggu saja jika laporang keuangannya memperlihatkan prestasi yang baik, belum lagi kalau sudah ramai dibahas di berbagai media. Ini bisa dilihat dari data grafik dari MYOH yang pernah naik dari harga 400 naik menjadi 5000 dalam waktu kurang dari 1 minggu saja, kan berkali-kali lipat keuntungan yang bisa dihasilkan kalau seperti itu.


peluang saham jangka panjang 2015
TIRT (PT. Tirta Mahakam Resources)

Jujur ini bukan saham yang liquid, bahkan sehari nilai transaksinya hanya kurang lebih 50 juta saja. tapi jangan ditanya soal valuasinya karena PBV cuma 0,96, PER 1,63, sedangkan ROE mencapai 58,92, sungguh nilai yang menggiurkan jika kita memang mau niat investasi jangka panjang. Soal fundamental penulis tidak perlu membahasnya, secara TeguhHidayat juga merekemendasikan ini dalam ebook analisa saham yang ia terbitkan khusus untuk laporan keuangan kuartal ini, ya kira-kira terbit waktu Desember 2014 lalu, masih baru banget.

PGAS (mengenai peluang saham Blue Chip ini sudah dibahas tuntas, silahkan kunjungi tautannya)

Memang sih, saham TIRT ini bisa dibilang jarang ada yang bahas, tapi kalau mengacu ke pengalaman selama ini, umumnya saham itu mulai liquid dan bahkan melbihi liquid-nya saham blue chip kalau valuasi dan prospeknya mulai memperlihatkan peluang, dan saat itulah orang sudah beramai-ramai membelinya, dan jika anda terlambat masuk maka yang didapat cuma remahannya saja, beda kalau anda sudah lebih dulu mengambil keputusan pintar, tentu akan memperoleh keuntungan yang berlipat-lipat saat itu. Ini juga cara main saham terhindar dari kerugian yang di praktekkan oleh Warren Buffett sehingga bisa menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Anda bisa percaya atau tidak dari pembahasan Investasi Saham Jangka Panjang 2015 Yang Fundamentalnya Bagus ini, karena ini cuma analisa ringan saja, keputusan selalu di tangan anda karena uang ya milik anda juga, kalau seandainya salah, tentu tak ada yang bisa disalahkan selain diri anda sendiri, bahkan penulisa juga tidak ada hubungannya dengan kerugian yang anda alami. Oke! sampai di sini dulu, silahkan pikirkan dengan matang sebelum memutuskan untuk membeli salah satu saham prospek di atas.

0 komentar:

Post a Comment

Jika komentar anda ingin ditampilkan, berikan komentar yang sesuai dengan pembahasan artikel di atas, baik itu soal bisnis online, peluang usaha, maupun soal belajar cara investasi saham, dan jangan menyertakan link dalam kolom komentar! Semoga bisnis dan investasi anda sukses selalu!

Copyright © 2014 CEO Bisnis Bandung All Right Reserved