Analisa PGAS - Peluang Investasi Saham BUMN saat Ini

Cari perusahaan yang fundamentalnya bonafid dan sedang dalam masa penurunan dari harga sebelumnya, nah...CEObisnis saat ini ingin membahas soal PGAS - Peluang Investasi Saham BUMN saat Ini. Judulnya mungkin terlihat terlalu sederhana, tapi jangan ditanya soal peluang menggiurkan dari saham Blue Chip yang satu ini yang mungkin dalam waktu dekat bisa memberikan gain 10 hingga 15%. Ada banyak sekali pertimbangan yang harus kita analisa untuk menetukan apakah suatu saham bisa digolongkan layak koleksi atau tidak, dan untuk kali ini kita mungkin tidak akan lagi membahasnya karena pembahasannya bukan lagi soal itu, layak atau tidakkah kita membeli sahamnya, tapi di harga berapa sebaiknya kita masuk.

PGAS dalam data grafiknya selama ini selalu menunjukkan kenaikan, entah itu valuasinya murah atau mahal, karena sebenarnya kebanyakan saham yang katanya Blue Chip cenderung kenaikan harganya bukan hanya dari hasil analisa teknikalnya saja, tapi juga karena pamornya yang membuat banyak investor tidak mau ketinggalan untuk menjadikannya salah satu dalam list portofolia mereka. Beruntungnya, PGAS kali ini sedang menujukkan valuasinnya yang sangat menggiurkan, terutama pada PER (Price Earning Ratio) nya yang sekarang ini sudah masuk dalam level yang bisa katakan murah, berapa itu? kita akan membahasnya lebih tuntas di bawah.

Analisa Saham PGAS - Perusahaan Gas Negara dan Peluang Investasinya


Semua data mengenai PGAS akan diulas tuntas, dan setiap kali ada perubahan info mengenai perusahaan gas negara ini, maka artikel ini akan diupdate agar segala info menyangkut sahamnya dapat tersaji di sini.

Sebelum ini coba baca dulu : Peluang INvestasi Saham Jangka Panjang Lainnya

Profil


Perusahaan ini berdiri sejak thn 1859 dengan nama "Firma L. J. N. Eindhoven & Co. Gravenhage." Dalam sejarahnya di sebutkan bahwa pada thn 1958 ia kemudian diakuisisi olehatau tepatnya diambil alih oleh pemerintah Indonesia dan waktu itu PGAS pun diubah namanya menjadi BP3LG, yaitu "badan Pengambil Alih Perusahaan-Perusahaan Listrik dan Gas. Dan ceritanya berlanjut, pada tahun 1984 ia kemudian diubah menjadi Perum atau tepatnya Perusahaan Umum, namun berdasarkan PP nomor 37 1994 PN Gas pun kembali diubah menjadi Persero yang waktu itu berkantor pusat di Jl. KH. Zainul Arifin nomor 20 Jakarta.

Bidang Usaha


Secara umum mungkin kita mengenal PGAS ini hanya sebagai distributor gas dalam negara, namun secara khusus, berdasarkan Anggaran Dasarnya, ia adalah perusahaan yang bergerak dalam melakukan perencanaan, pembangunan, serta pengelolaan usaha mulai dari hilir dalam sumber daya gas bumi yang didalamnya mencakup, pengangkutan, pengelolaan, perencanaan, penyimpanan, dan distribusi gas, serta usaha yang berhubungan denganya. Namun, untuk sekarang ini, usaha yang paling utama dijalankan oleh PGAS yaitu melakukan kegiatan distribusi dan juga transmisi gas bumi ke berbagai lapisan masyarakat dan juga industri dalam negeri.

IPO - (Initial Public Offering)


Tanggal pertama kali PGAS melakukan IPO adalah pada tanggal 5 Desember tahun 2003 yang mana pada waktu itu pula ia mendapat pernyataan efektif dari Badan Bapepam-LK untuk mengadakan IPO atau yang dikenal dengan Penawaran Umum Perdana Saham. Adapun jumlan yang dilepas ke public waktu itu adalah sejumlah 1.296.296.000 lembar dengan nilai nominalnya per lembarnya Rp. 500. , namun untuk harga penawaran yang waktu itu ditawarkan kepada masyarakat adalah senilai Rp. 1.500 / lbr. Adapun pada tanggal 15 Des 2003 adalah tanggap dimana ia pertama kali dicatatkan di Bursa efek Indonesia (BEI)


Peluang Investasi di PGAS 14 Maret 2015


Sebelum mulai mengulas mengenai analisa dari PGAS maka penting kiranya untuk menampilkan hasil screenshot dari grafik harganya, sejatinya, 1 gambar akan jauh lebih menjelaskan dari pada 1000 kata yang kita ucapkan, bukan begitu?

pgas
klik untuk memperbesar gambar


Dari grafik di atas, yang diambil berdasarkan kurun waktu 1 tahun terakhir, menunjukkan bahwa saat ini, mulai dari 19 Januari 2015, harga PGAS turun menjadi 5200 dari sebelumnya seharga 5800 pada tgl 12.

Beli di harga berapa?

Berdasarkan pengamatan penulis selama ini, kebanyakan dari saham BLUE CHIP akan tergolong murah ketika PER nya bisa turun di bawah 14 dan bila anda bisa beli di harga segitu maka bisa kita prediksi bahwa gain akan diperoleh dalam waktu kurang dari 4 bulan. Walau demikian, saat ini laba dari PGAS menunjukkan penurunan disebabkan oleh oleh Obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan senilai $1,5 Milyar di Singapura yang mana perusahaan mengalami kerugian yang berlanjut pada penurunan labanya yang disebabkan oleh melemahnya nilai tukar rupiah.

Dan bila anda saat ini mengincar PGAS, maka sangat disarankan untuk masuk di harga antara 5000 hingga 5200 karena dengan nilai itu PER nya berada di bawah 14 kali, atau jika ingin lebih menghasilkan cuan yang lebih banyak maka masuk di harga di bawah 5000, tapi itu bila IHSG - Indeks Harga Saham Gabungan memang betul-betul terkoreksi dalam waktu dekat ini, tapi bila tidak dan anda pun belum membelinya, maka anda harus rela menelan pil pahit karena peluang yang ada di depan mata sudah terbang ke harganya yang wajar. dan perlu saya sampaikan bahwa saat ini saham Blue Chip yang paling murah menurut valuasinya adalah PGAS, terlepas dari ROE yang diciptakannya saat ini yang memang sedang mengalami penurunan.

PBV - Jika melihat PBV PGAS saat ini yang berada di angka 3,7 saya kira berada dalam harga wajar, jika kembali lagi pada standar penulis yang penulis dapat dari seminar mas Teguh Hidayat, bahwa untuk menilai wajar tidaknya PBV dari suatu saham maka pakai perbandingan, jika ROE nya 10 maka PBV nya kalau bisa 1 atau dibawahnya, jika 2 maka ROE kalau bisa mencapai 20, dan seterusnya. Dan saya kira untuk saat ini PGAS bisa kita kategorikan murah berdasarkan rumus ringan tersebut.

Secara, mas Teguh Hidayat sendiri dalam berbagai tulisannya mengenai PGAS ini selalu menjadikan sahamnya dalam kelompok trio Blue Chip, termasuk ASII dan BRI, yang selalu menjanjikan keuntungan setiap kali mengalami penurunan harga.

Hal yang menjadikan kita yakin untuk membeli saham PGAS ini adalah karena ia adalah perusahaan yang bisa dikatakan memonopoli sektornya, yakni GAS. Selain itu, produk yang mereka jual sama sekali tidak akan pernah tidak dibutuhkan oleh orang banyak, dan bahkan setiap tahun terus meningkat.

Mungkin sekian artikel Analisa PGAS - Peluang Investasi Saham BUMN saat Ini yang bisa kita ulas, jika ada saran dan komentar kami tunggu untuk lebih melengkapi pembahasannya.

0 komentar:

Post a Comment

Jika komentar anda ingin ditampilkan, berikan komentar yang sesuai dengan pembahasan artikel di atas, baik itu soal bisnis online, peluang usaha, maupun soal belajar cara investasi saham, dan jangan menyertakan link dalam kolom komentar! Semoga bisnis dan investasi anda sukses selalu!

Breaking News
Loading...
Kontak Langsung
Press Esc to close
Copyright © 2014 CEO Bisnis Bandung All Right Reserved